CARA DUDUK Dan BERJALANNYA RASULULLAH SAW

Posted by LoadinG Tuesday, January 14, 2014
Views:
0 comments
CARA BERJALAN RASULULLAH SAW
“Tiada satupun kulihat lebih indah daripada Rasulullah Saw., seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorangpun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah saw., seolah-olah bumi ini dilipat-lipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedangkan Rasulullah Saw. tidak memperdulikan.” (Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dari Ibnu Luhai’fah, dari Abi Yunus, yang bersumber dari Abu Hurairah Ra.).
“Bila Nabi Saw. berjalan, maka ia berjalan dengan merunduk seakan-akan jalanan menurun.” (Diriwayatkan oleh Shufyan bin Waki’, dari ayahnya, dari al-Masudi, bersumber dari Ali bin Abi Thalib Kw.).

CARA DUDUK RASULULLAH SAW.
Ia (Qabilah) melihat Rasulullah Saw. di masjid sedang duduk qurfasha. Qabilah berkata: “Manakala aku melihat Rasulullah Saw. sedang duduk dengan khusyuk, maka aku pun dibawa oleh perasaan takjub krena wibawanya.” (Diriwayatkan oleh ‘Abd bin Humaid, dari ‘Affan bin Muslim, dari Abdullah bin Hasan, dari kedua orang anaknya, yang bersumber dari Qabilah binti Makhramah).
Duduk qurfasha adlah duduk brtumpu pada pinggul, kedua paha merapat ke perut dan tangan memegang betis.
“Sesungguhnya ia melihat Rasulullah Saw. berbaring telentang di masjid, dan salah satu kakinya ditumpangkan pada kaki lainnya."(Diriwayatkan oleh Sa’id bin Abdurrahman al-Makhzumi dan lainnya, mereka menerima dari Sufyan, dari Zuhri, dari ‘Abbad bin Tamim yg bersumber dari pamannya)

Paman ‘Abad adalah Abdullah bin Zaid bin ‘Ashim bin Muhammad, ia adalah seorang sahabat. Dan dikatakan bahwa ia yg membunuh Musailamah al-Kadzdzab (Nabi palsu).
“Apabila Rasulullah Saw. duduk di masjid (riwayat lain mengatakan di majelis), maka ia duduk ihtiba dgn kedua tangannya.” (Diriwayatkan oleh Salamah bin Syabib, dari Rabih bin Abdurrahman bin Abi Sa’id, dari bapaknya yang bersumber dari kakeknya Abi Sa’id al-Khudhri Ra.) Ihtiba adalah duduk qurfasha sambil bersandar.
Shobahul kheir..

0 comments:

Post a Comment