DOA RASULULLAH SAW. SEBELUM DAN SESUDAH MAKAN

Posted by LoadinG Sunday, January 19, 2014
Views:
0 comments

“Pada suatu hari, kami brada di rumah Rasulullah Saw., maka beliau menyuguhkan suatu makanan. Aku tidak mengetahui makanan yang paling besar berkahnya pada saat kami mulai makan dan tidak sedikit berkahnya di akhir kami makan.” Abu Ayub bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimanakah hal ini bisa terjadi?” Rasulullah Saw. bersabda: “Sesungguhnya kami membaca nama Allah waktu akan makan, kemudian duduklah seseorang yg makan tanpa menyebut nama Allah, maka makannya disertai syetan.” (Diriwayatkan oleh Qutaibah Dari Ibnu Luhai’ah, yg bersumber dari Abu Ayub al-Anshari Ra.).

Rasulullah Saw. bersabda: “Bila salah seorang dari kalian makan, tapi lupa menyebut nama Allah atas makanan itu, maka hendaklah ia membaca “Bismillahi awwalahu wa akhirahu.” Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.”(Diriwayatkan oleh Yahya bin Musa, dari abu Daud, dari Budail al-‘Aqili, dari Abdullah bin ‘Ubaid bin ‘Umair, dari Ummu Kultsum, yg bersumber dari ‘Aisyah Ra.).“Apabila Rasulullah Saw. selesai makan, maka beliau membaca: “Alhamdulillahilladzi ath’amana wasaqana wa ja’alana muslimin.” Segala puji bagi Allah yang memberi makan kepada kami, memberi minum kepada kami dan menjadikan kami orang-orang islam.”(Diriwayatkan oleh Mahmud Ghailan, dari Abu Ahmad az-Zubairi dari Ibnu Isma’il bin Riyah, dari bapaknya (Riyah bin ‘Ubaid), yg brsumber dari Abu Sa'’id al-Khudhri Ra.)“

Adapun Rasulullah Saw., bila hidangan makan telah diangkat dari hadapannya, maka beliau membaca: “Alhamdulillahi hamdan katsiran thayyiban mubarakan fihi, ghaira muwadda’i wala mustaghnan ‘anhu Rabbana.” Segala puji bagi Allah, puji yang banyak tiada terhingga. Puji yg baik lagi berkah padanya. Puji yang tidak pernah berhenti. Dan puji tidak akan mampu lisan menuturkannya, ya Allah Rabb kami."(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Tsaur bin Yazid, dari Khalid bin Ma’dan yg bersumber dari Abu Umamah Ra.)

0 comments:

Post a Comment